RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK Karya Nugraha Boyolali
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer Jaringan / TKJ
Mata Pelajaran : Jaringan Dasar
Kelas / Semester : X / Ganjil
Pertemuan Ke- : 1 – 2 – 3 & 4
Alokasi Waktu : 45 X 4 JP
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan
berbagai sumber energi di alam
1.3.
Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan
ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
3.1.
Memahami konsep jaringan komputer
a.
Konsep jaringan PAN (Personal Area Network)
(Pertemuan 1)
b.
Konsep jaringan LAN (Local Area Network) (Pertemuan
1)
c.
Konsep jaringan WAN (Wide Area Network) (Pertemuan 2)
d.
Konsep jaringan MAN (Metropolit Area Network)
(Pertemuan 2)
4.1.
Menyajikan kebutuhan jaringan suatu organisasi
a.
Menyajikan informasi dan memahami mengenai PAN
(Personal Area Network)
b.
Menyajikan informasi dan memahami mengenai LAN
(Local Area Network)
c.
Menyajikan informasi dan memahami mengenai WAN
(Wide Area Network)
d.
Menyajikan informasi dan memahami mengenai MAN
(Metropolit Area Network)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Melalui praktek diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai PAN
(Personal Area Network)
2.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu memahami
mengenai LAN (Local Area Network)
3.
Melalui penjelasan dan praktik diharapkan peserta
didik mampu memahami mengenai WAN (Wide Area Network)
4.
Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu memahami
mengenai MAN (Metropolit Area Network
D.
Materi
Pembelajaran
Konsep Teknologi
Jaringan Komputer
1.
PAN (Personal Area Network)
- LAN (Local Area Network)
- MAN (Metropolit Area Network)
- WAN (Wide Area Network)
1.
Pertemuan ke 1
PAN (Personal Area Network)
Merupakan jaringan antara dua atau lebih
sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang
satu ini hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering
kita gunakan. misalnya pada saat kita menghubungkan komputer dengan HP,
Heandset ataupun perangkat sejenis lainnya.
- Pertemuan
ke 2
Local Area
Network (LAN)
Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah
penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super
komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah
komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka muncul konsep
distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing
System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada
sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil
sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan
komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses
bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa
melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal
yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika
Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri
mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut
dengan istilah WAN (Word Area Network).
LAN merupakan jaringan komputer yang sering
digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam
suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya
(resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi
yang masih dalam satu area.
Ciri-ciri LAN:
-
Bekerja di
area geografis yang terbatas.
-
Dapat
digunakan multi-access hingga high-bandwidth.
-
Administrasi
dilakukan melalui administrator lokal.
-
Koneksi
secara Full-Time dan langsung (Directly Connected )
- Pertemuan
ke tiga
Metropolitan
Area Network (MAN)
Hampir
sama dengan LAN yang merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan
biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-
kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di
manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang daya
dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel. biasanya MAN
digunakan dalam area 1 kota, bukan hanya satu lokasi saja.
Wide
Area Network (WAN)
Jaringan
WAN merupakan jaringan yang mencakup daerah geografis yang lebih luas,
seringkali mancakup sebuah negara bahkan antar benua. WAN terdiri dari kumpulan
mesin- mesin yang bertujuan utuk menjalankan Program-program (Aplikasi)
pemakai, bisa dikatakan jaringan WAN merupakan jaringan internet yang kita
kenal saat ini.
Wireless (
Jaringan Tanpa Kabel )
Jaringan
Tanpa Kabel (wireless) merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak
bisa dilakukan dengan jaringan menggunkan kabel. Saat ini jaringan Tanpa Kabel
atau wireless sudah marak di gunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu
memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang
menggunakan kabel. dengan adanya jaringan wireless memudahkan penggunaan user
untuk mengakses data yang di inginkan di tempat-tempat yang tidak terjangkau
oleh jaringan kabel, misal pada saat mobile / bepergian.
E.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2. Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1. Pelbagai jenis
jaringan PAN (Personal Area Network)
Menanya:
1. Mendiskusikan
Konsep teknologi jaringan komputer
2. Mendiskusikan
cara kerja PAN (Personal Area Network)
Mengeksplorasi:
1. Mengeksplorasi
pelbagai teknologi jaringan komputer
2.
Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan PAN (Personal Area Network)
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN
serta WAN
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer
dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang
telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan
berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2. Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1. Pelbagai jenis
jaringan LAN (Local Area Network)
Menanya:
1. Mendiskusikan
Konsep teknologi jaringan komputer
2. Mendiskusikan
cara kerja LAN (Local Area Network)
Mengeksplorasi:
1. Mengeksplorasi
pelbagai teknologi jaringan komputer
2.
Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan LAN (Local Area Network)
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN
serta WAN
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer
dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan
berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2. Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang
manfaat menguasai materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1. Pelbagai jenis
jaringan MAN (Metropolit Area Network)
Menanya:
1. Mendiskusikan
cara kerja MAN (Metropolit Area Network
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan MAN (Metropolit Area Network
2.
Mengeksplorasi Komonikasi pengiriman data menggunakan email atau
jejaring soasial
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN
serta WAN
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer
dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan
berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2. Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang
dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat
menguasai materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
|
15 menit
|
B.
Inti
|
Mengamati:
1. Pelbagai jenis
jaringan WAN (Wide Area Network)
Menanya:
1. Mendiskusikan
cara kerja WAN (Wide Area Network)
Mengeksplorasi:
1.
Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan WAN (Wide Area Network)
2.
Mengeksplorasi Komonikasi pengiriman data menggunakan email atau
jejaring soasial
Mengasosiasi:
1. Menyimpulkan
Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN
serta WAN
Mengkomunikasikan:
1.
Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer
dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
|
20 menit
20 menit
25 menit
40 menit
|
C.
Penutup
|
1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.
Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
4.
Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan
berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
|
15 menit
|
E. Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
A.
Sikap : observasi, penilaian diri, antar teman, jurnal
B.
Pengetahuan : tertulis, tugas
C.
Ketrampilan : praktek
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Keterangan
|
Observasi
|
Daftar cek
Skala penilaian
sikap
|
Dilakukan selama proses pembelajaran.
|
Penilaian diri
|
Daftar cek
Skala penilaian
sikap
|
Dilakukan pada akhir semester
|
Penilaian antar peserta didik
|
Daftar cek
Skala penilaian sikap
|
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5
peserta didik lainnya.
|
Jurnal
|
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan
peserta didik
|
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang
tidak berkaitan dengan mata pelajaran.
|
No
|
Nama
|
Disiplin
|
Jujur
|
Tanggung Jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
PenilaianSikap :
Disiplin
1.
Tertib
mengikuti intruksi
2.
Mengerjakan
tugas tepat waktu
3.
Tidak
melakukan kegiatan yang tidak diminta
4.
Tidak
membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
1.
Menyampaikan
sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
2.
Tidak
menutupi kesalahan yang terjadi
3.
Tidak
mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
4.
Mencantumkan
sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung
Jawab
1.
Pelaksanaan
tugas piket secara teratur.
2.
Peran serta
aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
3.
Mengajukan
usul pemecahan masalah.
4.
Mengerjakan
tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
1.
Berinteraksi
dengan teman secara ramah
2.
Berkomunikasi
dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
3.
Menggunakan
bahasa tubuh yang bersahabat
4.
Berperilaku sopan
Keterangan
skore :
4 = jika empat indikator
terlihat.
3 = jika tiga indikator
terlihat.
2 = jika dua indikator
terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat
b. Penilaian Pengetahuan
1. Kompetensi
Dasar
Memahami konsep jaringan komputer
2. Indikator
a.
Konsep jaringan PAN (Personal Area Network)
b.
Konsep jaringan LAN (Local Area Network)
c.
Konsep jaringan WAN (Wide Area Network)
d.
Konsep jaringan MAN (Metropolit Area Network)
3. Instrumen
Soal
a.
Tuliskan dan jelaskan pengertian dari PAN
b.
Tulisan dan jelaskan pengertian dari LAN
c.
Tuliskan ciri-ciri dari LAN
d.
Tulisan dan jelaskan pengertian dari MAN
e.
Tuliskan dan jelaskan pengertian dari jaringan
tanpa kabel (wireless)
4. Kunci
Jawaban
a.
PAN
(Personal Area Network) Merupakan jaringan antara dua atau lebih sistem
komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu
ini hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja
b.
LAN
merupakan jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan
komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam suatu kantor suatu perusahaan
atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer)
secara bersama-sama dan saling bertukar informasi yang masih dalam satu area
c.
Ciri-ciri
LAN:
-
Bekerja di
area geografis yang terbatas.
-
Dapat
digunakan multi-access hingga high-bandwidth.
-
Administrasi
dilakukan melalui administrator lokal.
-
Koneksi
secara Full-Time dan langsung (Directly Connected )
d.
Metropolitan Area Network (MAN) Hampir sama
dengan LAN yang merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya
menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor- kantor
perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di
manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum
e.
Jaringan
Tanpa Kabel (wireless) merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak
bisa dilakukan dengan jaringan menggunkan kabel. Saat ini jaringan Tanpa Kabel
atau wireless sudah marak di gunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu
memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang
menggunakan kabel. dengan adanya jaringan
Ø
Norma
Penilaian
· Jika menjawab benar
dan lengkap maka skor 4
· Jika menjawab benar
tetapi kurang lengkap maka skor 3
· Jika menjawab
kurang benar dan tidak lengkap maka skor 2
· Jika menjawab tidak
benar maka skor 1
Jumlah skor yang diperoleh
Jumlah skor
maksimal
|
c. Penilaian Ketrampilan
No
|
Nama
|
Mengidentifikasi Konsep Jaringan Komputer
|
Menjelaskan Konsep & Jenis Jaringan
Komputer
|
Keterangan
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
n
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø
Indikator
Penilaian Keterampilan
·
Indikator
mengidentifikasi kominikasi dalam jaringan
Indikator
|
skore
|
Sangat terampill,
jika
menunjukkan kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari semua soal
|
4
|
Terampil, jika menunjukkan
kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari 4 dari 5 soal.
|
3
|
Kurang
terampil, jika
menunjukkan kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari 3 dari 5 soal.
|
2
|
Tidak
terampil, jika menunjukkan kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari 2 dari 5
soal.
|
1
|
Pembelajaran remidial dan pengayaan
Teknik Penilaian :
- Jika jumlah siswa yang tuntas <
60% maka dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan
remidial individual
-
Siswa dengan nilai Sangat Baik, dilaksanakan pengayaan mapel
Instrumen Penilaian :
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Awal
|
Nilai
|
Nilai Akhir
|
||
Remidi 1
|
Remidi 2
|
Pengayaan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a. Power Point/Presentasi
b. Akses Jaringan Internet
c. Blog Pribadi
2.
Alat/Bahan
a. Komputer
b. LCD
c. Whiteboard
d. Spidol + Penghapus
e. Komputer
f.
Software
3.
Sumber Belajar
a. Modul Pembelajaran Jaringan Dasar SMK X Semester 1, Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013