KONSEP JARINGAN KOMPUTER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                         (RPP)                                                                        

Nama Sekolah                                :    SMK Karya Nugraha Boyolali
Kompetensi Keahlian                   :    Teknik Komputer Jaringan / TKJ
Mata Pelajaran                              :    Jaringan Dasar
Kelas / Semester                            :    X / Ganjil
Pertemuan Ke-                               :    1 – 2 – 3 & 4
Alokasi Waktu                                :    45 X 4 JP

A.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar  
1.1.     Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.     Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3.     Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1.       Memahami konsep jaringan komputer
a.       Konsep jaringan PAN (Personal Area Network) (Pertemuan 1)
b.      Konsep jaringan LAN (Local Area Network) (Pertemuan 1)
c.       Konsep jaringan WAN (Wide Area Network) (Pertemuan 2)
d.      Konsep jaringan MAN (Metropolit Area Network) (Pertemuan 2)
4.1.       Menyajikan kebutuhan jaringan suatu organisasi
a.       Menyajikan informasi dan memahami mengenai PAN (Personal Area Network)
b.      Menyajikan informasi dan memahami mengenai LAN (Local Area Network)
c.       Menyajikan informasi dan memahami mengenai WAN (Wide Area Network)
d.      Menyajikan informasi dan memahami mengenai MAN (Metropolit Area Network)

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Melalui praktek diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai PAN (Personal Area Network)
2.      Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai LAN (Local Area Network)
3.      Melalui penjelasan dan praktik diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai WAN (Wide Area Network)
4.      Melalui penjelasan dan praktek diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai MAN (Metropolit Area Network

D.     Materi Pembelajaran
Konsep Teknologi Jaringan Komputer
1.      PAN (Personal Area Network)
  1. LAN (Local Area Network)
  2. MAN (Metropolit Area Network)
  3. WAN (Wide Area Network)

1.     Pertemuan ke 1
PAN (Personal Area Network)
Merupakan jaringan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. misalnya pada saat kita menghubungkan komputer dengan HP, Heandset ataupun perangkat sejenis lainnya.



  1. Pertemuan ke 2
Local Area Network (LAN)
Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.

Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN (Local Area Network). Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (Word Area Network).

LAN merupakan jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi yang masih dalam satu area.


Ciri-ciri LAN:
-          Bekerja di area geografis yang terbatas.
-          Dapat digunakan multi-access hingga high-bandwidth.
-          Administrasi dilakukan melalui administrator lokal.
-          Koneksi secara Full-Time dan langsung (Directly Connected )


  1. Pertemuan ke tiga
Metropolitan Area Network (MAN)
Hampir sama dengan LAN yang merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang daya dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel. biasanya MAN digunakan dalam area 1 kota, bukan hanya satu lokasi saja.

4.     Pertemuan ke 4

Wide Area Network (WAN)
Jaringan WAN merupakan jaringan yang mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mancakup sebuah negara bahkan antar benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan utuk menjalankan Program-program (Aplikasi) pemakai, bisa dikatakan jaringan WAN merupakan jaringan internet yang kita kenal saat ini.




Wireless ( Jaringan Tanpa Kabel )
Jaringan Tanpa Kabel (wireless) merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunkan kabel. Saat ini jaringan Tanpa Kabel atau wireless sudah marak di gunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. dengan adanya jaringan wireless memudahkan penggunaan user untuk mengakses data yang di inginkan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan kabel, misal pada saat mobile / bepergian.


E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.        Pendahuluan
1.       Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran

15 menit
B.        Inti
Mengamati:
1.      Pelbagai jenis jaringan PAN (Personal Area Network)

Menanya:
1.      Mendiskusikan Konsep teknologi jaringan komputer
2.      Mendiskusikan cara kerja PAN (Personal Area Network)


Mengeksplorasi:
1.      Mengeksplorasi pelbagai teknologi jaringan komputer
2.      Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan PAN (Personal Area Network)

Mengasosiasi:
1.      Menyimpulkan Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN

Mengkomunikasikan:
1.       Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
20 menit



20 menit




25 menit






40 menit
C.        Penutup
1.          Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.          Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.          Siswa mengerjakan evaluasi
4.          Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
15 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.      Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran

15 menit
B.        Inti
Mengamati:
1.      Pelbagai jenis jaringan LAN (Local Area Network)

Menanya:
1.      Mendiskusikan Konsep teknologi jaringan komputer
2.      Mendiskusikan cara kerja LAN (Local Area Network)
Mengeksplorasi:
1.      Mengeksplorasi pelbagai teknologi jaringan komputer
2.      Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan LAN (Local Area Network)

Mengasosiasi:
1.      Menyimpulkan Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN

Mengkomunikasikan:
1.       Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
20 menit



20 menit



25 menit





40 menit
C.        Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.          Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.          Siswa mengerjakan evaluasi
4.          Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
15 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.      Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran

15 menit
B.        Inti
Mengamati:
1.      Pelbagai jenis jaringan MAN (Metropolit Area Network)

Menanya:
1.      Mendiskusikan cara kerja MAN (Metropolit Area Network

Mengeksplorasi:
1.      Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan MAN (Metropolit Area Network
2.      Mengeksplorasi Komonikasi pengiriman data menggunakan email atau jejaring soasial

Mengasosiasi:
1.      Menyimpulkan Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN

Mengkomunikasikan:
1.       Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
20 menit



20 menit




25 menit






40 menit
C.        Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.          Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.          Siswa mengerjakan evaluasi
4.          Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
15 menit

Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
A.      Pendahuluan
1.      Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar
2.       Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran
4.       Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran

15 menit
B.        Inti
Mengamati:
1.      Pelbagai jenis jaringan WAN (Wide Area Network)

Menanya:
1.      Mendiskusikan cara kerja WAN (Wide Area Network)
Mengeksplorasi:
1.      Mengeksplorasi Pelbagai jenis jaringan WAN (Wide Area Network)
2.      Mengeksplorasi Komonikasi pengiriman data menggunakan email atau jejaring soasial

Mengasosiasi:
1.      Menyimpulkan Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN

Mengkomunikasikan:
1.       Menyampaikan hasil tentang Konsep tentang teknologi jaringan komputer dan jenis jaringan PAN ,LAN,MAN serta WAN
20 menit



20 menit


25 menit





40 menit
C.        Penutup
1.      Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari
2.          Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.          Siswa mengerjakan evaluasi
4.          Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan sebutuhan dan spesifikasi dalam merakit PC
15 menit

E.      Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1.     Teknik Penilaian
A.      Sikap : observasi, penilaian diri, antar teman, jurnal
B.      Pengetahuan : tertulis, tugas
C.      Ketrampilan : praktek





2.     Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Keterangan
Observasi
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan selama proses pembelajaran.
Penilaian diri
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester
Penilaian antar peserta didik
Daftar cek
Skala penilaian sikap
Dilakukan pada akhir semester, setiap peserta didik dinilai oleh 5 peserta didik lainnya.
Jurnal
Catatan pendidik berisi informasi tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik
Berupa catatan guru tentang kelemahan dan kekuatan peserta didik yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran.

No
Nama
Disiplin
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

  















2

















3

















4


















Indikator PenilaianSikap :
Disiplin
1.    Tertib mengikuti intruksi
2.    Mengerjakan tugas tepat waktu
3.    Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
4.    Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
Jujur
1.    Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
2.    Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
3.    Tidak mencontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
4.    Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
Tanggung Jawab
1.    Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
2.    Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
3.    Mengajukan usul pemecahan masalah.
4.    Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
1.    Berinteraksi dengan teman secara ramah
2.    Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
3.    Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
4.    Berperilaku sopan
Keterangan skore
4  =  jika empat indikator terlihat.
3  =  jika tiga indikator terlihat.
2  =  jika dua indikator terlihat.
1  =  jika satu indikator terlihat

b. Penilaian Pengetahuan
1.     Kompetensi Dasar
Memahami konsep jaringan komputer

2.     Indikator
a.       Konsep jaringan PAN (Personal Area Network)
b.      Konsep jaringan LAN (Local Area Network)
c.       Konsep jaringan WAN (Wide Area Network)
d.      Konsep jaringan MAN (Metropolit Area Network)

3.     Instrumen Soal
a.       Tuliskan dan jelaskan pengertian dari PAN
b.      Tulisan dan jelaskan pengertian dari LAN
c.       Tuliskan ciri-ciri dari LAN
d.      Tulisan dan jelaskan pengertian dari MAN
e.       Tuliskan dan jelaskan pengertian dari jaringan tanpa kabel (wireless)

4.     Kunci Jawaban
a.       PAN (Personal Area Network) Merupakan jaringan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 1 sampai 5 meter saja

b.      LAN merupakan jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi yang masih dalam satu area

c.       Ciri-ciri LAN:
-          Bekerja di area geografis yang terbatas.
-          Dapat digunakan multi-access hingga high-bandwidth.
-          Administrasi dilakukan melalui administrator lokal.
-          Koneksi secara Full-Time dan langsung (Directly Connected )

d.      Metropolitan Area Network (MAN) Hampir sama dengan LAN yang merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum

e.       Jaringan Tanpa Kabel (wireless) merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunkan kabel. Saat ini jaringan Tanpa Kabel atau wireless sudah marak di gunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. dengan adanya jaringan

Ø  Norma Penilaian
·      Jika menjawab benar dan lengkap maka  skor 4
·      Jika menjawab benar tetapi kurang lengkap maka skor 3
·      Jika menjawab kurang benar dan tidak lengkap maka skor 2
·      Jika menjawab tidak benar maka  skor 1

        Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =                                                     X 4 = ………..
                 Jumlah skor maksimal

c.  Penilaian Ketrampilan

No
Nama
Mengidentifikasi Konsep Jaringan Komputer
Menjelaskan Konsep & Jenis Jaringan Komputer
Keterangan
1
2
3
4
1
2
3
4
1









2










3










n










Ø  Indikator Penilaian Keterampilan
·      Indikator mengidentifikasi kominikasi dalam jaringan
Indikator
skore
Sangat terampill, jika menunjukkan kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari semua soal
4
Terampil, jika menunjukkan kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari 4 dari 5 soal.
3
Kurang terampil, jika menunjukkan kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari 3 dari 5 soal.
2
Tidak terampil, jika menunjukkan kelancaran dalam menyampaikan jawaban dari 2 dari 5 soal.
1

Pembelajaran remidial dan pengayaan
Teknik Penilaian :
-    Jika jumlah siswa yang tuntas   < 60% maka dilaksanakan remidial klasikal, dan jika > 60% dilaksanakan remidial individual
-          Siswa dengan nilai Sangat Baik, dilaksanakan pengayaan mapel

Instrumen Penilaian :

No

Nama Siswa

Nilai Awal
Nilai

Nilai Akhir
Remidi 1
Remidi 2
Pengayaan
1






2






3






4






dst







F.      Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.     Media
a.       Power Point/Presentasi
b.      Akses Jaringan Internet
c.       Blog Pribadi

2.     Alat/Bahan
a.       Komputer
b.      LCD
c.       Whiteboard
d.      Spidol + Penghapus
e.       Komputer
f.        Software

3.     Sumber Belajar
a.       Modul Pembelajaran Jaringan Dasar SMK X Semester 1, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013


                              


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »